Untuk meningkatkan pelayanan dalam pembuatan dokumen publik Dinas
Kependudukan dan Cacatan Sipil Kabupaten Pekalongan berkomitmen untuk
meningkatkan jam kerja pelayanannya, dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore
setiap hari kerja. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi
meningkatnya pelayanan akan kebutuhan dokumen pribadi yang sangat tinggi
menghadapi lebaran tahun ini. Demikian dikatakan Bupati Pekalongan Asip
Kholbihi, SH, MSi saat melakukan kunjungan kerja di Dindukcapil pagi
tadi (29/5).
Lebih lanjut Bupati menyampaikan rasa terimakasihnya
dan apresiasi pada para petugas pelayanan yang telah melayani rakyatnya
dalam pembuatan dokumen publik dengan baik mengingat dari pantauan di
lapangan, ada petugas yang sudah standby dari jam 5 pagi untuk melayani
mereka mengambil pendaftaran.“Ini yang patut kita apresiasi, secara umum
ini berjalan baik. Kalau ada persoalan saya minta untuk dikomunikasikan
supaya masyarakat tahu kapan harus datang, kapan harus mengambil dan
kapan harus melengkapi dokumen. Jadi ada kepastian. Ini yang paling
penting,” tegasnya.
Ditambahkan Bupati, saat puasa pertama ini,
pelayanan secara umum berjalan dengan baik, kalaupun ada beberapa
kekurangan dalam pelayanan KTP yang disebabkan beberapa faktor, Bupati
menegaskan bahwa dirinya akan menyelesaikan semuanya, termasuk yang
lebih mendesak adalah publik space atau ruangan pelayanannya. “Tahun
depan akan kita bangun kantor Dindukcapil yang lebih representatif,”
janjinya.
Tak lupa dalam kesempatan tersebut Bupati menyampaikan
pesan pada para petugas pelayanan untuk melayani rakyat Kabupaten
Pekalongan dengan ikhlas dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Hari ini, lanjutnya, kesadaran masyarakat untuk mengurus dokumen publik
sangat tinggi. Ekspektasi mereka pada Pemerintah juga sangat tinggi.
Oleh karena itu, Bupati meminta para petugas untuk melayani masyarakat
dengan baik, dan jangan sampai ada yang komplain. “Selamat bertugas,
selamat menunaikan ibadah puasa dan jangan jadikan bulan puasa ini
sebagai alasan untuk kendor dalam bekerja. Silahkan gunakan momentum
Romadhan ini untuk mengabdi pada masyarakat dan niati dengan ibadah
untuk menjadi khodimul ummah yang baik,” pesannya.
Ditambahkan
Bupati, secara subtantif hal-hal yang mengait tentang pengawasan sudah
dilakukannya sebagai pejabat pembina ASN. Dan Kunkernya kali inipun
untuk menggairahkan kembali disiplin para petugas pelayanan karena
Bupati menyadari mereka ini adalah garda terdepan terhadap pelayanan
publik.
Terkait dengan ketersediaan blangko, Bupati memastikan
bahwa blangko yang tersedia sangat cukup, bahkan ada margin sekitar 4000
blangko. “Kita ada blangko 20 ribu, sementara kebutuhan yang siap rekam
e KTP ada 16 ribu. Jadi masih ada sisa 4 ribu blangko,” jelasnya.
Sementara
itu Sekretaris Dindukcapil Bambang Supriyadi mengatakan menjelang hari
raya Idul Fitri dimana permintaan pelayanan KTP semakin meningkat,
pihaknya akan berusaha menyelesaikan semuanya dengan tuntas, bahkan siap
menambah jam kerja pelayanan. “Setiap hari ada sekitar 200 pemohon dan
ini kita akan tuntaskan stiap harinya dengan menambah alat untuk
mencetak,” katanya.
Sumber: Pemkab Pekalongan
Judul: Bulan Puasa, Dindukcapil Tambah Jam Pelayanan
Ditulis Oleh Paninggaran Pedia
Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa meninggalkan Komentar melalui fasilitas di bawah ini. Salam Jelajah Paninggaran. Terima kasih
0 comments:
Posting Komentar